10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik Buat Laki-laki (modern Tahun 2021)

By | January 28, 2022

Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya diharapkan oleh perempuan. Kenyataannya, pria jua membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, nir berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yg diperlukan pria adalah sunscreen atau sunblock.

Ada banyak sekali brand yg mengeluarkan produk sunscreen buat cowok, misalnya Biore, Innisfree, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yg indah buat kebutuhan kulit pria. Baca pula tips tambahan menurut dokter seorang ahli kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!Pembaharuan terakhir: 25 Juni 2021

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya & Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman pada bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor & bedah kulit, dan dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.

Dokter Rani juga sebagai owner dan salahsatu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani pula merupakan founder berdasarkan komunitas olahraga Derm Runners & Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini mampu Anda sapa melalui Instagram-nya

Mengapa pria perlu memakai sunscreen atau sunblock?

Kepercayaan bahwa hanya wanita yang membutuhkan produk perawatan tubuh tentunya telah tidak sempurna lagi. Saat ini, para laki-lakipun banyak yg menyadari bahwa tubuh mereka perlu dirawat, galat satunya menggunakan memakai sunscreen. Apa manfaat sunscreen buat kulit laki-laki ?

Sel kulit insan, baik laki-lakimaupun wanita, akan mudah rusak bila terpapar radiasi sinar UV. Kulit menggelap dan sebagai belang merupakan hal yg paling mudah muncul dampak pengaruh buruk sinar surya. 

Penggelapan kulit dipicu oleh sinar UVA yang mengakibatkan penumpukan melanin dalam kulit. Tak hanya itu, paparan sinar matahari pula dapat mengakibatkan sunburn, terutama waktu Anda berjemur di pantai atau kolam renang tanpa memakai sunscreen.

Sinar matahari juga mengakibatkan pengaruh jangka panjang berupa penuaan dini. Lebih jauh lagi, radiasi sinar UV yang terus-menerus berpotensi mempertinggi risiko kanker kulit. Apabila pekerjaan Anda menuntut untuk berada pada luar ruangan pada ketika yg usang, gunakanlah sunscreen buat melindungi kulit Anda berdasarkan semua risiko tadi. 

Bahkan, Anda yang bekerja pada dalam ruangan pun tetap disarankan buat menggunakan sunscreen. Penyebabnya adalah sinar UV bisa menembus kaca ventilasi, termasuk waktu cuaca mendung. Jadi, para laki-lakitidak perlu ragu lagi buat menggunakan sunscreen.

Dokter seorang ahli kulit dan kelamin

Cara memilih sunscreen buat laki-laki

Agar Anda bisa memilih sunscreen/sunblock yg tepat, terdapat beberapa poin yg harus diperhatikan. Untuk penerangan lebih detail, bacalah tips berikut adalah sampai habis.

Pilih sunscreen / sunblock dengan proteksi broad spectrum

Sunscreen menggunakan perlindungan broad spectrum bisa melindungi kulit Anda dari gambaran sinar UVA dan UVB. Sinar UVA adalah penyebab penuaan dini seperti kerutan dan bintik hitam atau flek. Sementara itu, sinar UVB dapat mengakibatkan sunburn dan penggelapan dalam kulit.

Proteksi terhadap sinar UVB pada sunscreen biasa dinyatakan pada bentuk SPF (Sun Protection Factor). Sunscreen menggunakan broad spectrum tidak hanya memiliki SPF saja, tetapi juga PA. PA (Protection Grade of UVA) adalah perlindungan terhadap imbas tidak baik sinar UVA. Untuk mendapatkan proteksi yang maksimal , pilihlah produk sunscreen yang dengan kentara mencantumkan nilai SPF dan PA.

Dokter spesialis kulit & kelamin

Pilih sunscreen/sunblock dari jenisnya

Di pasaran, masih ada beberapa jenis sunscreen. Setiap jenis tentu mempunyai kelebihan & kekurangan masing-masing. Pilihlah yang menurut Anda paling pas menggunakan kepribadian dan kebutuhan Anda. 

Lotion & cream: Mengandung lebih banyak pelembap

Sebagian akbar produk sunscreen diproduksi pada bentuk lotion atau cream. Jenis ini mempunyai tekstur yang mudah diaplikasikan baik buat paras juga badan. Selain itu, sunsreen jenis lotion atau cream umumnya lebih sanggup melembapkan karena mengandung lebih banyak pelembap. apabila kulit Anda nisbi kemarau, Anda bisa menggunakan sunscreen ini.

Sayangnya, kandungan pada sunscreen cream terkadang meninggalkan white cast pada kulit. Untuk menghindarinya, Anda bisa memilih sunscreen yang teksturnya tidak terlalu kental & yang gampang meresap.

Dokter spesialis kulit dan kelamin

Sunblock bertekstur krim cocok dipakai buat wajah dengan tipe kulit kering. Sunblock tipe ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Sebaliknya, sunblock berbahan lotion bersifat sedikit lebih cair dibandingkan krim. Saat diaplikasikan, tipe ini terasa lebih ringan dan lebih cepat menyerap. Sunblock tipe lotion cocok buat jenis kulit normal cenderung berminyak.

Gel: Cepat meresap dan nir lengket

Selain lotion & cream, sunscreen pada bentuk gel pula poly ditemui pada pasaran. Sunscreen gel umumnya berbahan dasar air sebagai akibatnya mudah meresap & tidak lengket. Jenis ini jua minim kandungan mineral oil sebagai akibatnya cocok dipakai oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Karena formulanya ringan, sunscreen gel sporadis sekali meninggalkan residu berupa white cast pada kulit. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin

Sunblock berbahan gel bersifat lebih cair sehingga lebih cepat menyerap ketika diaplikasikan di permukaan kulit. Sunblock berbahan gel cocok buat tipe kulit yg berminyak ataupun area kulit yang berambut. Tipe ini bisa Anda gunakan buat area lengan & tungkai menggunakan bulu rambut yang lebat.

Spray: Mudah buat diaplikasikan

Banyak laki-lakiyg menyukai hal-hal yg mudah dan efisien. Sunscreen spray dapat diaplikasikan dengan cepat & gampang sehingga sangat cocok buat Anda yang sering terburu-buru. Cukup semprotkan ke bagian tubuh yang terekspos, kemudian Anda siap menjalani kegiatan.

Jenis ini pula kerap digunakan buat melakukan reapply sunscreen. Setelah beberapa jam digunakan, sunscreen perlu diaplikasikan pulang supaya perlindungannya tetap optimal. Dengan sunscreen spray, reapply sebagai lebih gampang dan praktis. Hal yang perlu Anda perhatikan, semprotan suncreen spray yang mengenai sandang biasanya akan membekas. Jadi, berhati-hatilah waktu menyemprotkannya. 

Dokter seorang ahli kulit & kelamin

Saat menggunakan sunblock spray, pastikan seluruh bagian tubuh yg terbuka menerima jumlah sunblock spray yang cukup. Selalu ratakan sunblock spray menggunakan tangan sehabis menyemprotkannya supaya fungsi proteksinya sanggup maksimal .

Stick: Praktis buat dibawa bepergian

Sunscreen stick akhir-akhir ini cukup digemari karena sangat simpel buat dibawa-bawa. Selain itu, sunscreen jenis ini jua sangat gampang diaplikasikan, sama misalnya memakai deodoran. 

Para laki-lakiakan menyukai sunscreen stick karena formulanya tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast. Bentuknya pun compact dan cocok untuk dibawa perjalanan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan reapply menggunakan mudah.

Dokter seorang ahli kulit & kelamin

Keuntungan sunblock stick merupakan sifatnya yang padat sebagai akibatnya nir tumpah saat dibawa-bawa. Selain itu, sunblock stick lebih simpel ketika diaplikasikan lantaran tidak mengotori telapak tangan. Tetapi, pastikan semua area tubuh yang terbuka memperoleh sunblock secara merata menggunakan jumlah yg cukup. Pengolesan yg tidak rata akan menyebabkan fungsi perlindungan yg nir maksimal .

Pilih sunscreen / sunblock dengan clear finish

Di Indonesia, pria terbilang jarang menggunakan produk buat complexion misalnya BB cream. Oleh karenanya, para pria dapat memilih sunblock menggunakan invisible atau clear finish. Sunscreen terbagi menjadi 2 tipe yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *