Mana Lebih Penting, Sunscreen Atau Sunblock?

By | January 27, 2022

Salah satu cara yg paling efektif buat menjaga kesehatan kulitadalah melindunginya dari sinar mentari . Paparan berlebihan terhadap cahaya matahari dan sinar UV (ultra violet) dikaitkan menggunakan penuaan dini dampak radikal bebas. Salah satu produk yg berfungsi buat melindungi kulit menurut paparan sinar surya merupakan sunblock & suncreen. Lalu produk manakah yg paling indah buat melindungi kulit dari sinar UV?

Ada 2 jenis sinar UV yg menembus lapisan ozon dan menyebabkan kerusakan kulit: UVA dan UVB. Sinar UVA menembus hingga ke bagian terdalam kulit, sebagai faktor utama berdasarkan penuaan dini, sementara UVB menyebabkan pencokelatan & kulit terbakar pada lapisan teratas kulit.

Kedua sinar UV ini dikaitkan menggunakan kanker kulit & kerusakan jangka panjang bagi kesehatan tubuh kamu secara generik. Untuk membantu melindungi kulit menurut ancaman bahaya sinar UV, maka perlu menambahkan sunblock atau sunscreen pada ritual perawatan kulit harian engkau , dan memperhatikan benar ‘porsi’ paparan surya buat diri kamu & akibatnya.

Terdapat 2 tipe dari produk pelindung surya, sunscreen (kimiawi) & sunblock (fisik/inorganik). Masing-masing memiliki fungsi & cara kerja yg tidak selaras buat melindungi kulit engkau . Mari kita ulas di bawah.

Foto: IstimewaApa Itu Sunblock?

Sunblock merupakan sebuah produk yang secara fisik menangkal atau menghalangi sinar matahari sebelum meresap ke dalam kulit menggunakan membentuk lapisan pelindung di atas bagian atas kulit. Titanium dioksida & zinc oksida adalah satu-satunya filter UVA dan UVB fisik yang disetujui oleh FDA buat proteksi surya langsung.

Titanium dioksida merupakan mineral alami yg mempunyai kemampuan reflektif & kestabilan kandungan yang mumpuni sehingga tidak akan terurai pada bawah sinar matahari, disinilah kiprah penting dari sunblock diharapkan.

Sementara itu, zinc oksida adalah mineral sintetik yang bertugas buat memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, menghalangi radiasi menjauh berdasarkan kulit bahkan sebelum mencapai bagian atas kulit. Bahkan, zinc oksida memiliki properti anti-iritasi dan pelindung kulit, yang pada umumnya juga dimasukkan menjadi galat satu komposisi pendukung pada produk perawatan kulit sensitif.   Berkat kedua mineral aktif ini, berakibat sunblock sebagai produk yg paling sedikit menyebabkan reaksi alergi lantaran tidak menyerap ke pada kulit. Sunblock wajah menggunakan filter UV ini sebagai produk yang paling bagus buat pemilik kulit sensitif ataupun untuk anak-anak. Sunblock umumnya mempunyai tekstur kental, berwarna putih susu & bisa terlihat oleh mata. Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen bekerja menembus lapisan teratas kulit buat menyerap sinar mentariyg telah terlanjut meresak ke dalam kulit. Sunscreen mengandung sederet bahan kimia aktif yang betindak menjadi filter untuk mengurangi penetrasi radiasi sinar UV ke kulit, misalnya: Octylcrylene, Avobenzone (filter UVA yang paling tidak stabil & terurai di bawah surya), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX & XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus. Sunscreen biasanya hanya mengandung senyawa kimia penyerap UVB, namun sekarang banyak ditemukan produk yang jua mengandung properti pelindung UVA.

Semua filter tersebut umumnya tidak berwarna dan meninggalkan residu bertekstur tipis & ringan pada kulit, sehingga bisa diterapkan pada bawah makeup. Untuk menentukan sunscreen yg rupawan, kinitelah enggak perlu galau lagi karena banyak brands yg mengeluarkan produk sunscreen misalnya sunscreen brands menurut Wardah Sunscreen Gel 30 SPF.Lebih Bagus Mana, Sunblock atau Sunscreen?

Jika sunblock bisa melindungi kulit pribadi menurut sinar matahari begitu terselesaikan diaplikasikan (walaupun lebih mudah luntur), maka sunscreen membutuhkan ketika kurang lebih 20 mnt buat sepenuhnya dapat terserap kulit terlebih dahulu sebelum efektif melindungi kulit, dan wajibacapkali-acapkali diaplikasikan ulang pada jangka saat yang lebih pendek.

Sunscreen jua cenderung lebih mengiritasi kulit (terutama dalam kulit sensitif atau kemarau) lantaran beberapa bahan aktif harus disatu-padukan buat menerima cakupan spektrum yang lebih luas. Selain itu, sunscreen harus dipakai setiap hari jika engkauakan beraktivitas di bawah sinar surya selama lebih dari 20 menit.

Dari penjelasan pada atas dapat disimpulkan  bahwa antara sunblock & sunscreen sama-sama berfungsi buat melindungi paras dari sinar mentari , bedanya adalah sunblock dapat pribadi melindungi kulit berdasarkan sinar UV tanpa perlu diserap sedangkan sunscreen perlu ketika buat diserap kulit sehingga dapat melindungi kulit berdasarkan dalam buat menangkal sinar UV.

Apapun produk yang akan kamu gunakan baik sunscreen atau sunblock , pastikan beliau mengandung SPF menjadi perlindungan UVA dan UVB, dan harus mempunyai SPF minimal 15. Nah jikalau engkaulebih sukasunblock atau suncreen, Ladies?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *