Tahapan Dalam Mencetak Buku di Percetakan

By | February 21, 2022

Buku merupakan salah satu sumber ilmu yang memberikan banyak orang pengetahuan mengenai berbagai hal. Ada juga buku berisi tentang cerita-cerita untuk memenuhi kegemaran seseorang dalam membaca. Pernahkah Anda berpikir bagaimana proses cetak buku tersebut?

3 Tahap Cetak Buku

Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui tentang tahapan-tahapan dalam proses cetak buku. Untuk menambah wawasan lebih luas, bisa menyimak penjelasan setiap poin di bawah ini agar tidak hanya tahu bentuk buku sudah jadi saja!

  1. Typesetting dan Image Assembly

Tahap pertama dibagi menjadi dua bagian, yakni typesetting and image assembly. Typesetting adalah proses paling utama dalam sebuah pencetakan buku. Di sini, Anda akan melakukan yang namanya penyesuaian, baik huruf maupun gambar agar terlihat seimbang dan sesuai proporsi.

Sedangkan image assembly merupakan tahap lanjutan dari typesetting yang berguna untuk mengatur gambar yang akan dicetak. Tujuannya adalah agar nanti gambar tersebut sesuai dengan keinginan pembeli serta menghasilkan tampilan memukau.

  1. Platemaking

Tahap selanjutnya berkaitan dengan pembuatan plat gambar melalui beberapa proses dalam pencetakan. Adapun tujuan dari proses ini, yaitu untuk mendapatkan gambar yang sesuai keinginan pembeli dan juga agar tampilan gambarnya bagus setelah pencetakan.

Karena gambar merupakan komponen paling penting di dalam sebuah buku. Dengan gambar, fantasi para pembacanya akan lebih berkembang juga mereka dapat tenggelam ke dalam cerita tersebut secara mudah. Apalagi jika diberikan kepada anak-anak yang notabenenya sangat suka akan visual.

  1. Printing Presses dan Penjilidan

Tahap terakhir yakni berkaitan dengan proses printing dan penjilidan. Printing presses sendiri merupakan lanjutan dari langkah sebelumnya yang membantu Anda dalam meletakkan gambar ke dalam plat untuk dicetak hasilnya menjadi lebih siap pakai.

Sedangkan proses penjilidan adalah tahap akhir dari pencetakan buku. Biasanya, ahli akan menyortir buku menjadi lebih rapi kemudian nantinya akan dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Di tahap ini juga Anda akan mampu melihat hasil jadi buku tersebut.

Itulah penjelasan mengenai proses cetak buku. Jika Anda memiliki kegemaran menulis, coba saja terbitkan tulisan tersebut agar bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, sudah banyak sekali penyedia jasa cetak, jadi tidak perlu khawatir mencari lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *