Makanan Bayi Sumber Prebiotik terbaik usia 6 bulan keatas

By | March 5, 2022

Ketika kita melihat anak tumbuh sehat, tentu sebagai orang tua kita akan bahagia. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus bisa mewujudkan hal ini dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua. Salah satunya adalah dengan memastikan kebutuhan gizi yang tercukup. Adapun gizi yang tidak boleh ditinggalkan oleh anak-anak adalah makanan yang mengandung prebiotik. Karena penting, maka seorang ibu harus mencari informasi terkait makanan bayi sumber prebiotik sehingga anda bisa memberikan secara maksimal makanan terbaik untuk bayi.

Daftar makanan bayi sumber prebiotik Terbaik

Ada banyak sekali makanan yang mengandung prebiotik terbaik untuk anak. Sumber prebiotik ini pentung untuk dilengkapi sehingga bisa bekerja dengan optimal. Oleh sebab itu, sebagai orang tua perlu mengetahui beberapa sumber prebiotik. Adapun sumber pertama prebiotik adalah bawang putih. Pada sumber pertama ini, anda bisa menggunakan cacahan bawwang putih sebagai bumbu atau ditaburkan pada menu tumisan sikecil. Sekitar 6% kandungan serat pada bawang putih memang mengandung prebiotik sehingga anda harus mencukupinya dengan baik.

Selain bawang putih, makanan bayi sumber prebiotik adalah bawang merah. Bumbu dapur satu ini memang mengandung prebiotik dan antioksidan yang bisa mendukung kesehatan tubuh sikecil. Jika anda ingin memberikan makanan yang memiliki prebiotik yang tinggi maka anda bisa memilih pisang. Buah satu ini sendiri memang biasanya dikonsumsi anak sebagai camilan atau diolah menjadi makanan penutup. Rasanya yang bersahabat membuat pisang digemari. Pada pisang, didalamnya juga terkandung jumlah kandungan prebiotik yang cukup besar yang berasal dari jenis karbohidrat yang tidak dicerna didalam usus.

Daftar lainnya makanan bayi sumber prebiotik mudah didapat

Makanan sumber lainnya yang mengandung prebiotik adalah yoghurt. Makanan ini terbuat dari susu yang dikombinasikan dengan bakteri terutama bakteri yang bernama Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermophilus.  Setelah itu dibiarkan beberapa jam pada suhu kurang lebih 43-46 derajat pada saat proses fermentasi. Ketika anak mendapatkan asupan probiotik yang memadai maka secara langsung pertumbuhan dan jumlah bakteri didalam saluran cerna bisa terjaga. Hal ini penting karena saluran cerna bisa menjadi modal dari sistem imun sikecil yang kuat dan tumbuh kembang yang optimal. Yoghurt sendiri bisa dijadikan sebagai makanan penutup atau camilan anak. Anda bisa mengkombinasikan dengan buah-buahan kaya akan vitamin.

Adapun makanan bayi sumber prebiotik terakhir yang bisa dikonsumsi adalah sayuran hijau. Salah satu sayuran yang kaya akan prebiotik adalah asparagus. Oleh karena itu, ibu bisa mengolah asparagus dengan cara dikukus atau memegangnya. Asparagus juga bisa dijadikan salah satu bahan dari sirup. Jika anda kesulitan mendapatkan asparagus maka anda juga bisa menggantinya dengan bayam yang dikenal akan kaya vitamin dan mineral sera serat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *