Lakukan Cara Membuat Black Coffee Berikut untuk Hasil Kopi yang Nikmat

By | March 12, 2022

Cara membuat black coffee kerap dicari oleh beberapa orang yang menyukai kopi hitam. Apasih yang membuat orang-orang begitu tergila-gila pada kopi? Ya, selain rasanya yang khas dan nikmat, kopi juga memiliki aroma wangi yang enak. Salah satunya adalah kopi hitam, kopi ini dikenal memiliki wangi yang enak, sehingga membuat siapapun ingin segera menyeruput.

Kopi hitam merupakan salah satu kopi yang sangat sering disajikan, baik di rumah ataupun di cafe. Dengan menikmati secangkir kopi hitam, kamu akan merasakan cita rasa kopi yang murni tanpa bahan tambahan seperti susu, cream, atau cokelat.

Meski terkesan sangat sederhana, kopi hitam ini jauh lebih nikmat apabila dibandingkan dengan kopi jaman sekarang yang sudah banyak dikreasikan dengan bahan lain. Kira-kira, adakah cara pembuatan kopi hitam yang pas sesuai takaran? Yuk simak artikel berikut untuk tahu jawabannya.

Cara Membuat Black Coffee

Cara membuat black coffee atau kopi hitam bukanlah sesuatu yang sulit. Kamu hanya perlu menyeduh kopi dengan air panas kemudian selesai.

Itu benar, cara menyajikan kopi hitam memang sesederhana itu. Tetapi, akan lebih baik apabila kamu memperhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan hasil kopi hitam yang nikmat dengan takaran yang pas.

Didihkan Air Terlebih Dahulu

Langkah awal untuk cara membuat black coffee ialah mendidihkan air. Didihkan air mineral sebanyak 2 cangkir. Menggunakan air mineral bertujuan agar tidak ada perubahan rasa pada kopi akibat kandungan dari air yang digunakan.

Masukkan Bubuk Kopi Sebelum Air Mendidih

Ya, sebelum air mendidih, kamu masukkan bubuk kopi hitam ke dalam panci berisi air tersebut. Selanjutnya, aduk sampai kopi larut sempurna di dalam air. Lakukan sampai air mendidih, setelah itu matikan api.

Saring Ampas Kopi

Perlu kamu ketahui bahwa selera orang berbeda-beda. Ada yang menyukai kopi dengan ampasnya, ada juga yang tidak.

Nah untuk kamu yang menyukai kopi tanpa ampas, kamu bisa menyaring kopi yang sudah mendidih tadi. Gunalan mug dengan kertas saring, lalu tuangkan kopi secara perlahan. Jangan ditekan, biarkan kopi tersaring perlahan dengan sendirinya, hal ini bertujuan agar tidak ada ampas yang ikut lolos. Setelah semua kopi tersaring, silakan angkat kertas saring dan buang.

Pindahkan Kopi ke Cangkir

Setelah kopi dan ampasnya berpisah, kamu bisa memindahkan kopi mu ke cangkir, disarankan kamu menggunakan cangkir keramik. Tujuannya agar menjaga kopi tetap hangat dalam beberapa waktu. Setelah dipindahkan, kamu bisa menambahkan gula apabila ingin kopi mu manis, setelah itu silakan aduk kopi mu hingga gula larut.

Tetapi, apabila kamu tim kopi hitam tanpa gula,  cara membuat black coffee sudah cukup sampai di cangkir tadi. Setelah kopi dipindahkan, kamu sudah bisa menikmatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *