Cara Mempercepat Koneksi Internet Broadband di Rumah

By | April 6, 2022

Internet broadband menjadi pilihan internet yang direkomendasikan untuk keluarga di rumah. Kecepatan koneksi broadband dapat berkurang jika masing-masing pengguna melakukan aktvitas yang berat. Lalu, adakah cara mempercepat koneksi broadband ?

3 Tips Mempercepat Koneksi Internet Broadband

Semakin banyaknya pengguna broadband di rumah, maka beban koneksi internet juga semakin besar. Nah, untuk mencegah agar koneksi internet tidak lemot, anda bisa coba tips mempercepat koneksi broadband di rumah berikut ini.

1.      Meminimalisir Beban Koneksi Internet

Jaringan broadband dirumah terasa semakin lambat ? Coba percepat koneksi internetnya dengan cara mengurangi beban pada koneksi internet. Jika terlalu banyak perangkat yang digunakan, maka koneksi bisa lemot.

Jika ada 2 perangkat yang terhubung ke internet, coba lihat mana yang anda gunakan. Jika salah satunya tidak terpakai maka akan tetap menjalankan proses backgorund. Jadi, jangan sambungkan perangkat yang tidak digunakan untuk meningkatkan koneksi internet anda.

Selain itu, minimalisir penggunaan piranti lunak yang hanya diperlukan. Usahakan hanya menggunakan piranti lunak yang benar-benar dibutuhkan. Karena jika anda menyalakan seabrek piranti lunak tersebut, maka akan membebani koneksi internet.

2.      Menjauhkan Router dari  Perangkat Elektronik

Agar koneksi broadbrand di rumah tidak lemot, anda bisa mencoba tips satu ini. Yaitu menjauhkan router dari perangkat elektronik seperti  TV, telepon, speaker dan perangkat elektronik lainnya.

Jika jarak perangkat elektronik sangat dekat dengan router maka dapat menyebabkan gangguan pada koneksi internet. Pastikan pula jangan meletakkan router di lantai dan lakukan reboot router secara berkala untuk mempercepat koneksi internet.

3.      Mengecek Kecepatan Koneksi Secara Rutin

Tips ketiga yang bisa anda pakai untuk melancarkan koneksi internet yakni dengan mengecek kecepatan internet secara rutin. Anda bisa menggunakan layanan speed test yang tersebar secara gratis dan online seperti Speedtest.net.

Kegunaan mengecek kecepatan koneksi internet ini penting supaya anda mengetahui apakah terjadi masalah dengan koneksi anda. Selain itu juga untuk memastikan apakah anda mendapatkan kecepatan internet yang ditawarkan oleh provider ataukah tidak.

Itulah 3 tips atau cara mempercepat koneksi internet broadband anda di rumah. Semoga informasi diatas dapat menginspirasi ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *