Fungsi dan Tips Menulis Cover Letter yang Baik dan Benar

By | April 30, 2022

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Cover letter adalah dokumen yang dilampirkan bersama curriculum vitae dan portofolio. Cover letter dapat dikatakan memiliki nilai penting dalam kumpulan berkas surat lamaran yang diserahkan saat melamar pekerjaan.

Cover letter merupakan salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan bagi perekrut saat melamar pekerjaan. Perlu diketahui bahwa dokumen tersebut akan dilihat pertama kali oleh perekrut saat menerima surat lamaran kerja.

Salah satu berkas lamaran kerja yang dapat menentukan perekrutan karyawan di perusahaan yaitu cover letter (surat pengantar). Cover letter dapat menggambarkan kemampuan serta pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Cover letter pada dasarnya merupakan sarana dalam mempromosikan diri.

Dalam penulisan cover letter harus dipastikan menarik perhatian dan berkualitas. Namun, banyak orang yang berpikir bahwa curiculum vitae sudah cukup untuk mewakili dokumen dalam melamar pekerjaan.

Pada hakikatnya, menulis cover letter berbeda dengan menulis curiculum vitae. Ada beberapa format dan struktur dalam menulis cover letter yang baik dan benar. Bahkan banyak orang menganggap bahwa cover letter sama dengan surat lamaran pekerjaan. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan mengenai cover letter agar tidak salah pemahaman.

Dalam penulisan cover letter terdapat informasi yang menyatakan nama perekrut, posisi kerja dan alamat perusahaan yang lengkap. Cover letter memiliki struktur penulisan berupa paragraf pembuka, paragraf isi dan paragraf penutup.

Penulisan cover letter pada paragraf pembuka berisi tentang ketertarikan dan latar belakang yang relevan dengan bidang kerja yang diinginkan. Pada paragraf isi menyebutkan pencapaian selama bekerja untuk menunjukkan kualitas yang dimiliki dan pada paragraf penutup berisi harapan dan meyakinkan perekrut dengan kemampuan yang dimiliki berkontribusi untuk perusahaan.

Cover letter memiliki beberapa fungsi yang wajib diketahui pelamar sehingga dalam penulisan cover letter bisa maksimal.

  1. Memberikan informasi penting yang tidak dapat ditulis dalam curriculum vitae.
  2. Memberikan informasi lanjutan dari informasi yang telah ditulis pada curriculum vitae.
  3. Memperkenalkan diri kepada perekrut secara lebih mendetail.
  4. Memberikan informasi mengenai alasan yang kuat agar perekrut memilih pelamar.

Banyak pelamar tidak menunjukkan tujuan atas pentingnya cover letter bagi pelamar tersebut. Proses penulisan cover letter dapat dikatakan tidak mudah karena semua orang bisa menulis cover letter namun belum tentu bisa membuatnya dengan benar. Oleh karena itu, pelamar harus mengetahui penulisan cover letter yang baik dan benar.

Berikut ini beberapa tips dalam penulisan cover letter.

  1. Menggunakan bahasa yang formal sesuai dengan EYD, sopan dan teratur.
  2. Mencantumkan nama lengkap dan kontak pelamar.
  3. Mencantumkan nama lengkap dan jabatan perekrut.
  4. Menyebutkan nama perusahaan dan posisi pekerjaan yang dilamar.
  5. Deskripsikan pengalaman dan pencapaian kerja yang relevan.
  6. Melakukan riset tentang keunggulan pada perusahaan yang dilamar.
  7. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami perekrut.
  8. Melamar pekerjaan harus berhubungan dengan kemampuan yang dimiliki sehingga memiliki kontribusi pada bidang pekerjaan yang dilamar.
  9. Tidak mengulang informasi yang telah ditulis pada curriculum vitae.
  10. Memberikan perspektif baru dari pengalaman dan kemampuan yang dimiliki.
  11. Memeriksa kembali cover letter untuk menghindari kesalahan dalam penulisan.
  12. Memastikan penulisan cover letter tersebut padat dan jelas.

 

Demikianlah fungsi dan tips dalam penulisan cover letter yang baik dan benar sehingga dapat diterapkan dan dijadikan acuan saat menulis cover letter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *